Menghindari Penyakit Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

13/05/2012 16:15

Tips Menghindari Penyakit Mata Akibat Komputer – Kita semua tahu bahwa duduk di depan komputer sepanjang hari itu tidak sehat. Hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala, pandangan kabur dan kelelahan. Secara psikologis, terlalu banyak di depan komputer membuat kita lelah secara mental dan lebih mudah tersulut emosi negatif.

Keluhan yang terjadi diatas menurut Wikipedia disebut sebagai “Computer Vision Syndrom” atau CVS. CVS adalah suatu kondisi sementara akibat dari memfokuskan mata tanpa interupsi pada layar monitor pada rentang waktu tertentu. Beberapa gejala CVS adalah sakit kepala, pandangan kabur, sakit leher, mata merah, kelelahan, mata tegang, mata kering, mata iritasi, pandangan ganda, poliopia dan kesulitan memfokuskan mata kembali. Berikut ini adalah

Menurut Dr. Jeffrey R. Anshel, ahli mata dari Amerika Serikat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari CVS. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Atur jarak monitor anda

Buka sebuah dokumen atau website atau apapun yang anda gunakan setiap hari. Lalu mundurlah ke belakang sampai dokumen tersebut tampak kabur. Hitung jaraknya lalu bagi tiga. Jarak mata anda ke monitor seharusnya sejauh itu. Dengan jarak yang optimal, mata anda tidak mudah lelah dan tegang.

Atur ketinggian monitor dan tampilannya

Untuk kenyamanan mata yang maksimum, tempatkan monitor anda lima hingga tujuh inchi dibawah batas pandangan horizontal anda. Ketika anda memandang dengan kepala tegak, pastikan anda hanya melihat bagian atas monitor anda saja. Selain itu atur juga kecerahan monitor anda sehingga sama dengan ruangan sekitarnya. Hal ini akan mengurangi ketegangan mata dan kelelahan.